Soy Sauce Itu Apa Ya? Temukan Fakta-Fakta Menariknya Di Sini

soy sauce

Dalam dunia kuliner manapun, baik kuliner dalam negeri maupun mancanegara Anda akan dengan mudah menemukan soysauce sebagai salah satu bahannya. Saus dengan warna cokelat gelap hingga hitam pekat ini memang sangat sering digunakan dalam berbagai macam masakan, mulai dari sebagai pewarna nasi goreng, hingga sebagai pelengkap makanan seperti bakso,  mie, sushi, hingga aneka masakan tumis. Tapi tahukah Anda bahwa ternyata soysauce, atau yang lebih akrab disebut dengan kecap ini memiliki asal-usul dan jenis yang beragam. Jadi penasaran nih, soy sauce itu apa, ya?

Asal-Usul Soy Sauce

Sejarah menarik dari saos bumbu can be traced back berabad-abad lalu di dataran Cina, lebih tepatnya pada abad ke-2 Masehi. Soy sauce merupakan pasta hasil fermentasi dari kedelai yang direbus, gandum yang dipanggang, air garam, dan jamur Aspergillus Oryzae atau jamur Kouji, spesies jamur yang juga digunakan dalam proses pembuatan sake. 

Masyarakat Cina di zaman dahulu memanfaatkan soy sauce yang disebut dengan jiangtersebut sebagai bahan bumbu makanan pengganti garam, yang memang saat itu merupakan produk komoditi yang sangat mahal. Lama-kelamaan soy sauce pun mulai dikenal dan digunakan oleh hampir seluruh negara Asia Timur seperti Jepang dan Korea, dan juga negara Asia Tenggara, salah satunya adalah Indonesia. 

Resep pembuatan soy sauce atau kecap ini pun lama kelamaan berkembang dengan tetap menggunakan kedelai sebagai bahan utama, dan menambahkan saus yang terbuat dari ikan, yang hingga saat ini akrab disebut dengan fish sauce. Dan dibandingkan dengan pembuatan kecap di zaman sekarang yang hanya membutuhkan waktu beberapa hari, atau bahkan sepersekian menit, masyarakat Cina kuno pada zaman tersebut membutuhkan waktu 2-3 bulan, lho. Lama sekali, ya?

Penyebaran soy sauce ke daerah Eropa dibawa oleh Pemerintah Belanda yang saat itu masih menduduki Indonesia. Mereka mengimport kecap dari kota Dejima Jepang . Sebanyak 20 barrel soysauce disimpan di Batavia, sedangkan 35 barrel lainnya diangkut ke Negara Belanda. 

Soy Sauce Dari Berbagai Negara

Semenjak persebaran soy sauce dari dataran Cina, tiap negara di Asia Timur dan Asia Tenggara pun melakukan berbagai macam improvisasi untuk membuat soy sauce ciri khas mereka sendiri. Masing-masing negara pun menjuluki soy sauce kreasi mereka dengan nama yang berbeda-beda. 

Sebagai contoh, di Burma soy sauce pertama yang terekam dalam sejarah pertama adalah pe ngan byar yay, yang berarti bean fish sauce. Sedangkan untuk jenis soy sauce kental, masyarakat Burma menyebutnya dengan kya nyo, yang merupakan adaptasi dari bahasa China, yaitu jiangyou.

Di Filipina, saus kecap asin disebut dengan Toyo, yang diambil dari dialek Hokkien yaitu “Tau-yu”. Sama seperti penggunaan saus kecap asin di Indonesia, masyarakat Filipina menggunakan Toyo sebagai bahan pelengkap masakan bersama dengan saus ikan dan cuka.

Di Korea, saus kecap dikenal dengan nama ganjang. Ganjang dibagi menjadi 2 jenis yaitu Hansik Ganjang dan Gaeryang ganjang. Hansik ganjang adalah jenis kecap asin dengan rasa yang lebih asin dibandingkan dengan jenis ganjang yang lain. Hansik Ganjang pada umumnya digunakan sebagai campuran sup (guk), dan tumis sayur (namul). Dan walaupun rasa dan kegunaan dari Gaeryang Ganjang tidak jauh berbeda dari Hansik Ganjang, Gaeryang Ganjang memiliki warna gelap yang lebih pekat dibandingkan dengan Hansik Ganjang. Bisa dibilang Gaeryang Ganjang merupakan Hansik Ganjang di era modern.

Kandungan Nutrisi Dari Soy Sauce

Dan ternyata, menurut penelitian saus kecap mengandung cukup banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh lho, readers! Kecap, atau soy sauce merupakan salah satu sumber sodium, zat mineral yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu menjaga fungsi tubuh dan mengatur tekanan darah Anda. 

Tapi jangan khawatir, bagi Anda yang sedang dalam program diet garam, Anda masih aman untuk makan dengan menggunakan kecap. Alasannya adalah karena kadar sodium di dalam kecap tetap lebih rendah dibandingkan dengan kadar sodium di dalam garam. Selain itu kecap juga kaya akan kadar antioksidan bernama shoyuflavones. Shoyuflavones tidak hanya melindungi tubuh Anda dari ancaman sel-sel radikal bebas, tetapi juga membantu meredakan peradangan usus dan membantu mengontrol produksi asam lambung.

Source: https://en.wikipedia.org/wiki/Soy_sauce
http://www.livestrong.com/article/254144-what-are-the-health-benefits-of-soy-sauce/

Komentar

Postingan Populer